DIGITAL MARKETING

TANGAN KANAN DIGITAL

Apa itu Branding?

Branding, merupakan sebuah kata yang berasal dari kata dasar Brand, yang berarti Merek. Akan tetapi, ketika kita mencari arti kata Branding didalam kamus bahasa inggris, kita tidak akan menemukan arti yang sesuai. Sedangkan begitu banyak macam pengertian branding yang bertebaran didunia maya hingga buku sekalipun, yang tentunya bisa membingungkan kita. Lalu bagaimana arti branding seharusnya ? 

Didalam hal ini, saya menterjemahkan kata Branding dengan arti Memperkuat merek produk ataupun jasa. Kita semua mengetahui, bahwa fungsi dasar dari sebuah merek adalah sebagai pembeda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, dengan adanya dinamika didalam derasnya kompetisi pasar, sebuah merek membutuhkan kekuatan dan pengelolaan. Unsur-unsur yang mempengaruhi kekuatan sebuah merek adalah, dari apa yang anda lihat (tangible), dan dari apa yang anda dengar dan yang anda rasakan (intangible).Kedua unsur diatas merupakan syarat utama untuk membangun kekuatan sebuah merek didalam kompetisi pasar. Lalu, elemen apa saja yang terdapat di kedua unsur tersebut ? Elemen-elemen yang terdapat didalam kedua unsur tersebut adalah sebagai berikut :Tangible : Produk, packaging/kemasan, identitas visual, dsb.Intangible : Kualitas produk dan jasa.Brand yang efektif akan menggambarkan siapa perusahaan/Anda, apa yang perusahaan/Anda buat dan bagaimana membuatnya, sementara pada saat yang bersamaan juga menetapkan relevansi dan kredibilitas perusahaan/Anda dihadapan prospek klien atau konsumen. Brand lebih dari sekedar tampilan logo yang menarik secara visual.

Produk tidak pernah hanya produk, bukan?

Coca-Cola lebih dari sekadar soda. Starbucks lebih dari sekadar kopi. Ray-Ban lebih dari sepasang kacamata hitam. Glossier lebih dari sekadar tabung concealer.

Berinteraksi dengan produk-produk ini memberikan pengalaman, dan kami membelinya dengan pengalaman itu dalam pikiran. Lebih baik lagi, perusahaan yang membuat dan memasarkan mereka tahu persis pengalaman yang mereka inginkan untuk Anda miliki ketika Anda melakukan (atau mempertimbangkan) pembelian. Itu sebabnya mereka membuat merek.

Dari bahasa dalam caption Instagram mereka hingga palet warna pada papan iklan terbaru mereka hingga bahan yang digunakan dalam kemasan mereka, perusahaan yang membuat merek yang kuat tahu bahwa merek mereka perlu hidup di mana-mana. Mereka tahu nama mereka jauh melampaui label.

Hasil? Merek-merek ini dikenal, dicintai, dan dipilih dari sederetan pilihan panjang.

Siapa yang tidak menginginkan itu? Kami tahu yang kami lakukan. Itulah sebabnya kami membuat panduan ini – untuk melengkapi Anda membuat dan mengelola merek yang kuat yang akan membantu bisnis Anda dikagumi, diingat, dan disukai.
1
Apa itu branding?
2
Pentingnya Branding
3
Ketentuan Branding untuk Diketahui
4
Cara Membuat Merek
5
Tip Branding untuk Bisnis Kecil
Apa itu merek?
Sebelum kiata menyelami pentingnya branding dan cara membangun merek, mari kembali ke dasar-dasar: Apa itu merek?

Merek adalah fitur atau serangkaian fitur yang membedakan satu organisasi dari yang lain. Merek biasanya terdiri dari nama, tagline, logo atau simbol, desain, suara merek, dan banyak lagi. Ini juga mengacu pada pengalaman keseluruhan yang dialami pelanggan ketika berinteraksi dengan bisnis – sebagai pembelanja, pelanggan, pengikut media sosial, atau pejalan kaki belaka.

Apa itu branding?

Branding adalah proses meneliti, mengembangkan, dan menerapkan fitur khas atau serangkaian fitur untuk organisasi Anda sehingga konsumen dapat mulai mengaitkan merek Anda dengan produk atau layanan Anda.

Branding adalah proses berulang dan membutuhkan kontak dengan hati pelanggan dan bisnis Anda. Ini penting karena berbagai alasan – saya selami ini selanjutnya.


Pentingnya Branding

Merek Anda bisa dibilang salah satu aset terpenting organisasi Anda. Ini memberi organisasi Anda identitas, membuat bisnis Anda berkesan, mendorong konsumen untuk membeli dari Anda, mendukung pemasaran dan periklanan Anda, dan membuat karyawan Anda bangga.

Branding dapat menjadi faktor penentu bagi konsumen ketika mereka membuat keputusan pembelian. Dalam survei Nielsen global 2015, hampir 60% pembeli mengatakan mereka aktif membeli dari merek yang mereka kenal, dan 21% mengatakan mereka membeli produk karena mereka menyukai merek tersebut.

Branding memberi identitas bisnis Anda di luar produk atau layanannya. Ini memberi konsumen sesuatu untuk dihubungkan dan dihubungkan.

Branding membuat bisnis Anda mudah diingat. Ini adalah wajah perusahaan Anda dan membantu konsumen membedakan bisnis Anda di setiap media (yang akan saya bahas nanti).

Branding mendukung upaya pemasaran dan periklanan Anda. Ini membantu paket promosi Anda dengan pukulan tambahan dengan pengakuan dan dampak tambahan.

Branding membuat karyawan Anda bangga. Saat Anda memberi merek perusahaan Anda, Anda tidak hanya memberikan identitas bisnis Anda, Anda juga menciptakan tempat kerja yang memiliki reputasi baik dan sangat dihormati. Branding yang kuat membawa karyawan yang kuat.

Ketentuan Branding untuk Diketahui

Berikut adalah beberapa kata kunci lain yang terkait dengan merek yang harus Anda ketahui. Lebih jauh mereka menunjukkan pentingnya dan nilai merek bisnis Anda.

Kesadaran merek
Kesadaran merek mengacu pada seberapa akrabnya masyarakat umum dan audiens target Anda dengan merek Anda. Kesadaran merek yang tinggi mengarah pada merek yang disebut sebagai “tren,” “layak, atau” populer. “Kesadaran merek penting karena konsumen tidak dapat mempertimbangkan membeli dari merek Anda jika mereka tidak menyadarinya. 
👉🏼Branding yang kuat membuat bisnis Anda dikenal.

Perluasan merek
Ekstensi merek adalah ketika perusahaan “memperluas” merek mereka untuk mengembangkan produk baru di industri dan pasar baru. Pertimbangkan mesin pemotong rumput Honda atau perlengkapan tidur Martha Stewart. Ekstensi merek memungkinkan perusahaan (atau individu) untuk meningkatkan kesadaran merek dan ekuitas untuk menciptakan aliran pendapatan lebih banyak dan mendiversifikasi lini produk. 
👉🏼 Branding yang kuat menghasilkan lebih banyak uang.

Identitas merek
Identitas merek adalah kepribadian bisnis Anda dan janji yang Anda buat untuk pelanggan Anda. Inilah yang Anda inginkan agar pelanggan Anda lakukan setelah mereka berinteraksi dengan merek Anda. Identitas merek Anda biasanya terdiri dari nilai-nilai Anda, bagaimana Anda mengomunikasikan produk atau layanan Anda, dan apa yang Anda ingin orang lain rasakan ketika mereka berinteraksi dengannya.
👉🏼 Branding yang kuat memberi bisnis Anda lebih dari sekadar nama.

Manajemen merek
Manajemen merek mengacu pada proses menciptakan dan mempertahankan merek Anda. Ini termasuk mengelola elemen nyata merek Anda (panduan gaya, kemasan, palet warna) dan elemen tidak berwujud (bagaimana hal itu dirasakan oleh audiens target Anda dan basis pelanggan). Merek Anda adalah aset yang hidup dan bernafas, dan harus dikelola sedemikian rupa. 
👉🏼 Branding yang kuat membutuhkan pengelolaan yang konsisten.

Pengakuan merek
Pengenalan merek adalah seberapa baik seorang konsumen (idealnya di audiens target Anda) dapat mengenali dan mengidentifikasi merek Anda tanpa melihat nama bisnis Anda – melalui logo, tagline, jingle, kemasan, atau iklan. Konsep ini berjalan seiring dengan penarikan kembali merek, yang merupakan kemampuan untuk memikirkan merek tanpa pengidentifikasi visual atau pendengaran.
👉🏼 Pencitraan merek yang kuat menjaga bisnis Anda tetap unggul.

Kepercayaan merek
Kepercayaan merek mengacu pada seberapa kuat pelanggan dan konsumen percaya pada merek Anda. Apakah Anda memenuhi janji pemasaran Anda? Apakah tenaga penjualan dan layanan pelanggan Anda melampaui dan melampaui? Hal-hal ini dapat menciptakan kepercayaan di antara pelanggan Anda, yang penting di dunia di mana hanya 25% orang merasa percaya diri dalam bisnis besar.
👉🏼 Branding yang kuat membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda.

Penilaian merek
Penilaian merek adalah penilaian komersial merek Anda yang berasal dari persepsi, pengakuan, dan kepercayaan konsumen. Konsep ini berjalan seiring dengan ekuitas merek. Merek yang kuat dapat membuat bisnis Anda sangat berharga bagi investor, pemegang saham, dan pembeli potensial.
👉🏼 Branding yang kuat meningkatkan nilai bisnis Anda.


Cara Membuat Merek

1
Tentukan audiens target Anda
2
Tetapkan pernyataan misi Anda
3
Tetapkan nilai, fitur, dan manfaat Anda
4
Buat aset visual Anda
5
Temukan suara merek Anda
6
Letakkan branding Anda untuk bekerja
Inilah cara Anda dapat membuat merek – atau memulai proses rebranding merek Anda saat ini.

1. Tentukan target audiens Anda
Branding mengarah pada kesadaran, pengakuan, kepercayaan, dan pendapatan. Kami sudah membicarakan hal itu. Tapi mari kita mundur dan memahami dari mana mereka berasal: konsumen. Dan bukan sembarang konsumen – audiens target Anda dan pelanggan.

 Jika merek Anda tidak beresonansi dengan audiens Anda, itu tidak akan mengarah pada kesadaran, pengakuan, kepercayaan, dan pendapatan. Di situlah riset pasar sasaran masuk.

Sebelum menekan pena ke kertas (atau kursor ke dokumen digital), Anda harus memahami kepada siapa merek Anda akan berbicara. Siapa yang dilayani produk Anda? Siapa pelanggan ideal Anda? Mengapa Anda menciptakan bisnis Anda?

Apa yang Anda pelajari tentang target pasar dan persona pembeli akan memengaruhi keputusan branding Anda, jadi jadikan langkah ini prioritas utama Anda.

2. Tetapkan pernyataan misi Anda
Mari kembali ke pertanyaan yang saya tanyakan di langkah sebelumnya: Mengapa Anda membuat bisnis Anda? Menjawab ini akan membantu Anda membangun pernyataan misi Anda, yang mendefinisikan tujuan dan hasrat Anda sebagai sebuah organisasi. 

Sebelum Anda dapat membuat merek yang diakui, dihargai, dan dipercaya oleh audiens Anda, Anda harus dapat mengomunikasikan tujuan yang disediakan bisnis Anda. Kemudian, setiap bagian dari merek Anda (logo, tagline, citra, suara, dan kepribadian) dapat mencerminkan misi dan visi tersebut.

Pernyataan misi Anda adalah blok bangunan dari manifesto merek Anda, yang mencakup mengapa organisasi Anda ada dan mengapa orang harus peduli dengan merek Anda.

3. Tetapkan nilai, kualitas, dan manfaat unik Anda
Mungkin ada banyak bisnis di industri dan ceruk Anda. Mudah untuk fokus pada pesaing Anda (dan ada waktu dan tempat untuk analisis kompetitif), tetapi, untuk saat ini, mari fokus pada Anda.

Apa satu hal yang dimiliki bisnis Anda yang tidak bisa ditiru orang lain (eh, secara hukum)? MerekAnda!

Karena itu, Anda harus memastikan bahwa merek Anda terdiri dari dan terinspirasi oleh unsur-unsur yang sepenuhnya menjadi milik Anda: nilai-nilai, manfaat, dan kualitas yang membuat perusahaan Anda unik.

Luangkan waktu sejenak untuk menuliskan daftar yang membedakan bisnis Anda dari orang lain. Saya tidak berbicara tentang fitur produk (seperti penampilan, komponen, atau kemampuan); Saya mengacu pada bagaimana produk atau layanan Anda meningkatkan kehidupan dan berkontribusi untuk kesuksesan.

4. Buat aset visual Anda
Pada titik ini, Anda harus memahami audiens target Anda, pernyataan misi Anda, dan kualitas unik yang membentuk bisnis Anda.

Jika Anda dapat mengatakan dengan yakin bahwa Anda telah menguasai langkah-langkah ini, saatnya untuk beralih ke salah satu bagian branding yang lebih menarik – desain visual. Kami berbicara tentang logo Anda, palet warna, tipografi (font), ikonografi, dan komponen visual lainnya.

Saat Anda membuat elemen-elemen ini, buat seperangkat pedoman merek (atau panduan gaya merek) untuk mengatur komposisi dan penggunaan aset visual Anda. Ini akan memastikan bahwa siapa pun yang menggunakan branding baru Anda melakukannya dengan akurat dan konsisten.

5. Temukan suara merek Anda
Selanjutnya, pertimbangkan komponen pendengaran merek Anda. Akan seperti apa merek Anda jika Anda berbicara dengannya, atau jika itu mengirim sms kepada Anda?

Bagaimana Anda berkomunikasi dengan target pasar Anda juga dianggap sebagai bagian dari branding Anda. Anda ingin menentukan suara merek yang menghubungkan dan beresonansi dengan audiens Anda – jika tidak, mereka mungkin tidak akan memperhatikan. Karena itu, jangan ragu untuk kembali ke langkah pertama untuk membiasakan diri dengan siapa Anda berbicara.

Dari kampanye iklan dan keterangan media sosial hingga posting blog dan kisah merek Anda, pastikan nada Anda konsisten di seluruh konten tertulis Anda. Berikan kesempatan kepada audiens Anda untuk mengenal merek Anda dan belajar mengenali suara Anda. Lebih baik lagi, kuasai suara yang menyenangkan dan menghibur, dan pelanggan Anda akan menantikan media sosial dan pembaruan email Anda.

Contoh merek nyata: MailChimp
MailChimp adalah contoh hebat merek yang berbicara dengan nada yang jelas dan konsisten. Ketika saya menggunakan paket gratis mereka untuk bisnis kecil saya, saya selalu tertawa ketika menerima email mereka dan bekerja di antarmuka mereka. Dari salinan web hingga ledakan email dan keterangan media sosial, MailChimp telah membentuk suara merek dan kepribadian yang ramah, menyenangkan, dan dapat diakses – mungkin sulit untuk menjelaskan bagian teknis dari produk perangkat lunak (seperti pengujian A / B) , tapi MailChimp juga sudah menguasainya.
6. Letakkan branding Anda untuk bekerja
Merek Anda hanya berfungsi jika Anda melakukannya. Setelah Anda selesai merancang dan membuat merek baru Anda (atau mengubah citra) mengintegrasikannya di setiap inci bisnis Anda. Berikan perhatian ekstra untuk memastikan itu ditampilkan di mana saja bisnis Anda menyentuh pelanggan. Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan merek Anda di seluruh organisasi Anda.

Situs web
Percikan logo Anda, palet warna, dan tipografi di situs web Anda. Jangan gunakan apa pun kecuali aset Anda yang telah ditentukan sebelumnya dalam pedoman merek Anda. Situs web Anda adalah bagian utama dari identitas perusahaan Anda – jika itu tidak mencerminkan merek Anda, itu hanya akan memberikan pengalaman pelanggan yang menggelegar. Juga, pastikan bahwa semua salinan web, ajakan bertindak, dan deskripsi produk mencerminkan suara merek Anda.

Media sosial
Semua foto profil, sampul depan, dan citra merek harus mencerminkan merek Anda. Pertimbangkan untuk menempatkan logo Anda sebagai foto profil Anda – ini akan memudahkan pelanggan untuk mengenali bisnis Anda. Seperti halnya situs web Anda, pastikan semua informasi profil, pos, dan keterangan mencerminkan suara merek Anda.

Pengemasan 
Jika Anda memiliki bisnis produk fisik, produk Anda mungkin merupakan cara yang paling nyata bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan merek Anda. Karena itu, kemasan Anda harus mencerminkan branding baru Anda – dalam desain, warna, ukuran, dan rasa.

Iklan 
Karena iklan (digital dan cetak) sering digunakan untuk membangun kesadaran merek dan memperkenalkan konsumen kepada merek Anda, sangat penting bahwa mereka mencerminkan branding Anda. Bahkan, pencitraan merek Anda akan membuat proses pembuatan iklan lebih mudah – dengan panduan gaya merek Anda, Anda sudah tahu bagaimana iklan Anda akan muncul dan jenis salinan apa yang harus ditulis.

Penjualan dan layanan pelanggan
Sebuah merek hanya sekuat orang-orang di belakangnya, dan jika orang-orang Anda tidak menggunakan merek Anda untuk bekerja, itu tidak akan bekerja untuk Anda. Selain itu, merek Anda berlaku untuk lebih dari pemasaran Anda. Beri tahu orang-orang penjualan dan layanan pelanggan Anda tentang pedoman merek Anda dan beri tahu mereka untuk menggunakannya, terutama ketika mereka berhubungan langsung dengan pelanggan. Baik mereka membagikan demo produk bermerek atau menjawab pertanyaan dukungan pelanggan, dorong mereka untuk menggunakan logo, tagline, citra, dan suara merek Anda.


Tip Branding untuk Bisnis Kecil

Perlakukan merek Anda sebagai pribadi
Prioritaskan konsistensi
Ikuti strategi merek
Jangan biarkan inspirasi berubah menjadi imitasi
Gunakan branding untuk disewa
Perlakukan merek Anda sebagai pribadi

Untuk membungkus kepala Anda dengan proses branding terbaik, pikirkan merek Anda sebagai pribadi. Merek Anda harus memiliki identitas (siapa itu), kepribadian (bagaimana perilakunya), dan pengalaman (bagaimana ia diingat).

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini tentang merek Anda:
* Bagaimana merek Anda memperkenalkan diri? Jika harus menggambarkan penampilannya, bagaimana ia melakukannya?
* Bagaimana merek Anda berbicara tentang produk atau layanan Anda? Apakah itu serius dan profesional, atau lucu dan tegang?
* Apa yang akan dikatakan seseorang tentang merek Anda setelah “bertemu” untuk pertama kalinya? Apa beberapa kalimat yang mereka gunakan untuk menggambarkannya?

Tujuan dari branding adalah untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan Anda. Cara termudah untuk melakukan ini adalah memperlakukan merek Anda sebagai pribadi dan memahami bahwa Anda ingin pelanggan Anda melakukan hal yang sama.

Prioritaskan konsistensi
Inkonsistensi adalah kesalahan merek nomor satu yang dibuat perusahaan. Inkonsistensi merongrong merek Anda dan membingungkan pelanggan Anda. Merek-merek yang dapat dikenali dan berharga memprioritaskan konsistensi – dan mereka menuai manfaatnya. Ketika merek Anda adalah kehadiran terpadu di seluruh media dan platform, pelanggan dapat dengan mudah mengenal, mengenali, dan lebih memilih merek Anda dari waktu ke waktu. Pedoman merek dapat membantu inisiatif ini.

Bangun dan ikuti strategi merek
Strategi merek lebih dari pedoman merek Anda; ini adalah rencana dengan sasaran jangka panjang spesifik yang dapat dicapai saat merek Anda berkembang. Sasaran ini biasanya berkisar pada tujuan, emosi, fleksibilitas, kesadaran kompetitif, dan keterlibatan karyawan merek Anda. 

Ingat bagaimana saya mengatakan bahwa branding adalah proses yang berkelanjutan? Ada banyak yang masuk ke dalamnya. Strategi merek dapat membantu Anda mengubah proses itu menjadi praktik yang diminyaki dengan baik yang membuat merek Anda bergerak menuju kesuksesan dan pengakuan.

Jangan biarkan inspirasi berubah menjadi imitasi
Analisis kompetitif itu penting. Tidak hanya mendidik Anda di mana pesaing Anda berada dan bagaimana mereka unggul, tetapi juga dapat memberi Anda ide tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan atau lebih jauh membedakan merek Anda.

Namun, sadarilah untuk tidak jatuh ke dalam perangkap imitasi. Pertahankan riset kompetitif Anda terbatas dan fokus pada apa yang dibawa organisasi Anda ke meja. Hanya karena pesaing (atau dua) telah mencap perusahaan mereka dengan cara tertentu, bukan berarti Anda harus mengikutinya. Merek baru, unik, dan provokatif adalah merek yang mudah diingat.

Gunakan branding untuk disewa
Branding yang kuat membuat karyawan Anda bangga. Saya tahu saya bangga dikaitkan dengan Tangan Kanan Digital, apalagi bekerja di sini. Manfaatkan branding Anda untuk menarik orang-orang berbakat. Jika perekrutan adalah inisiatif yang kuat untuk organisasi Anda, persembahkan sebagian dari sumber daya Anda untuk branding perusahaan. Pemberi kerja branding adalah cara Anda memasarkan perusahaan Anda kepada pencari kerja dan karyawan saat ini. Jika Anda secara publik bangga dengan organisasi Anda, orang lain juga akan begitu.

Siap, Sedia, Merek!

Branding adalah nama, logo, palet warna, suara, dan citra organisasi Anda. Itu juga lebih. Perasaan tak berwujud yang dimiliki pelanggan Anda saat mereka berinteraksi dengan merek Anda. Anda tahu … pengalaman yang kita bicarakan di awal.

Begitulah cara pembangkit tenaga listrik merek menyimpang dari yang lain. Komponen berwujud berkontribusi terhadap hal ini – logo yang cantik, tagline yang cerdas, manifesto otentik, dan suara merek yang jernih – tetapi merek yang benar-benar kuat berkembang ketika mereka fokus pada gambaran besar dari merek mereka. Dapatkan hati dan jiwa audiens target Anda dan organisasi Anda, dan merek yang sukses akan mengikuti.
Contacts
(+62) 811-5555-389
@tangankanandigital
Location
Jalan Argamulya Dalam Gg.06 No.19, Samarinda Kalimantan Timur

Image Map WordPress builder